Devika Puspa Andriani

Pengalaman yang baik adalah belajar dari kesalahan diri. Mari Menulis agar menjadi sejarah bagi bumi pertiwi....

Selengkapnya
Navigasi Web
Pesona Danau Linting Penuh Misteri

Pesona Danau Linting Penuh Misteri

Tantangan Menulis Gurusiana

hari ke- 40

Alhamdulillah, sampai detik ini masih diberikan kesempatan untuk bisa berpartisipasi di blognya para guru. Apalagi kalau bukan di Gurusiana.

kali ini saya ingin berbagi cerita tentang Pesona Alam Danau Linting yang membuat para wisatawan takjub. Danau Linting terdapat di kabupaten Deli Serdang, tepatnya di Desa Sibunga- bunga, Desa Gunung Manumpak dan Desa Durian IV Mbelang, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu.

Bagi wisatawan yang datang dari luar daerah, perlu diketahui bahwa Deli serdang terdapat 2 kecamatan yang menggunakan nama Sinembah Tanjung Muda (STM), yaitu STM Hulu dan Stm Hilir. danau Linting terdapat di STM Hulu.

Dengan jarak 70 km dari kota Medan, Danau linting dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam. namun karena rute yang ditempuh memiliki banyak persimpangan ditambah kurangnya papan petunjuk arah, disarankan para wisatawan perlu membawa denah agar tidak tersesat atau lebih mudah mengaktifkan google maps sebagai penunjuk jalan

Danau Linting memiliki sejuta pesona keindahan alam. Danau Linting merupakan salah satu pemandian air panas (hidroternal) yang langka. karena jumlahnya dapat dihitung dengan jari.

Danau linting sebenarnya memiliki potensi yang besar untuk mengundang wisatawan. Apalagi airnya yang berubah- ubah antara biru dan hijau ini tidak kalah menarik dari danau lainnya di Indonesia.

namun sayang keindahan dan keunikan tersebut tidak dimanfaatkan secara maksiml. Kondisi inilah yang membuat Danau Linting Cenderung terabaikan oleh nama besar Danau Toba yang berada di provinsi yang sama. Bisa jadi pemerintah lebih terfokus pada Danau Toba yang sudah mendunia.

Lewat tulisan ini, saya ingin memperkenalkan Danau Linting kepada para pembaca. Keberadaan Danau Linting masih menjadi misteri karena tidak banyak data atau bukti sejarah. Sumber yang dijadikan rujukan tentang asal- usul danau ini adalah cerita dari mulut ke mulut yang kurang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Menurut cerita yang berkembang di tengah- tengah masyarakat, dahulu kawasan ini adalah sebuah perbukitan. Tiba- tiba terdengar ledakan yang sangat keras diiringi gempa yang hebat. Kemudian kawasan perbukitan lenyap berganti dengan hamparan air yang saat ini disebut Danau Linting.

Konon pernah ada peneliti asing yang pernah mencoba mengukur kedalaman danau ini menggunakan semacam benang yang ditenggelamkan ke air. tetapi alat tersebut sudah tenggelam lebih dari 100 meter, ternyata belum mencapai dasar Danau sehingga pengukuran tidak dilanjutkan lagi.

Terlepas benar atau tidaknya tentang kedalaman danau ini. namun sepintas siapa saja yang melihat akan meyakini kalau danau Linting sangat dalam. Untuk itu para pengunjung juga dilarang untuk berenang ketengah danau dan bila perlu disarankan untuk tidak berenang.

Beberapa pantangan juga diyakini para wisatawan seperti: tidak bersikap sombong, berbicara kasar dan kotor pada saat di dekat danau. Konon penghuni danau tidak menyukainya, dan dapat terjadi hal- hal yang tidak diinginkan. Percaya atau tidak, ternyata Danau Linting memang telah memakan korban beberapa kali.

Dari berbagai sumber yang saya baca, salah satunya di situs www.jejakpiknik.com dan kumparan. com,bahwa tragedi danau Linting sudah memakan 4 korban hingga di tahun ini. Terakhir pada hari Rabu, 1 januari 2020. Seorang pria bernama Anto (45 tahun), warga Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang tenggelam di Danau Linting. Korban yang tenggelam sulit untuk ditemukan, sebab semakin menyelam kebawah danau, air semakin panas dan suasananya begitu gelap sehingga tidak bisa lama di dalam air. Tim hanya diberi waktu 3- 5 menit dan kedalaman 10 meter. Korban ditemukan mengapung dan dalam keadaan melepuh karena panasnya air di bawah danau tersebut.

Berenang di danau ini memang dilarang, namun bila berendam saja di tepi danau disarankan karena Danau Linting memiliki air hangat dengan suhu sekitar 30 derajat Celcius. Kemungkinan ada aktivitas Vulkanik dibawah dasar laut. Air hangat inilah yang mejadi kelebihan dari danau Linting dari danau lain pada umumnya.

Selain itu mata kita disuguhi dengan indahnya pemandangan alam sekitar. Banyak terdapat pohon beringin dan berbagai jenis pohon lainnya yang tumbuh di pinggir danau berbentuk bulat tersebut. Karena bentuknya yang bulat itulah Danau ini disebut Danau Linting sebab kata melinting memiliki arti melingkar.

Bagaimana? tertarikkah anda mengunjungi tempat wisata ini?

Salam Literasi

#Tantangan meenulis Gurusiana#

#Hari ke- 40#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow keren ya, saya baru tsju ada danau devsntik miy

25 Feb
Balas

Ya Bunda. Danaunya indah

26 Feb



search

New Post